Monday, September 25, 2017

Malam Keakraban Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya

Pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 kemarin Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya mengadakan sebuah acara yang diberi tajuk Malam Keakraban Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut kedatangan adik-adik pemuda/mahasiswa baru yang merantau untuk menuntut ilmu di Kota Palangka Raya. Acara dilaksanakan di Aula Habonaran Do Bona GKPS Palangka Raya.

Pada pukul 17.30 WIB kegiatan Malam Keakraban (Makrab) dibuka dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt. J.H. Haloho, S.Th, MA (Pendeta GKPS Resort Kalimantan Tengah). Firman Tuhan yang menjadi bahan khotbah terambil dari kitab Yosua 1:8, yang berbunyi: "Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung." Dalam renungannya, pendeta menyampaikan kepada adik-adik pemuda/mahasiswa baru agar di dalam setiap kegiatan studi dan perkuliahannya jangan lupa selalu berpegang teguh dengan perintah Tuhan. Dengan mentaati segala kebaikan yang diajarkan oleh Tuhan, niscaya akan membawa kesuksesan di dalam menjalankan studi maupun perkuliahannya. Jangan andalkan sendiri, tetapi juga tetap yakin, tekun berdoa, mengimani dan berpengharapan kepada Tuhan. Ora et Labora.

Selepas ibadah, dilanjutkan dengan pengarahan atau sosialisasi dari orang tua kepada adik-adik pemuda/mahasiswa baru. Adapun yang menjadi pembicaranya adalah St. A.R. Purba, S.Hut merupakan Pengantar Jemaat GKPS Palangka Raya dan St. AKP. J. Saragih, SH yang merupakan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja di Polda Kalimantan Tengah pada bidang narkoba. St. A.R. Purba, S.Hut menyampaikan pesan-pesan, nasihat serta wejangan kepada adik-adik pemuda/mahasiswa baru agar berperilaku yang baik di "tanah orang". Segala kebiasaan yang ada di Sumatera belum tentu sama dengan yang ada di Kalimantan sini. Oleh karena itu bijaklah di dalam pergaulan. Sedangkan St. J. Saragih, SH selain menyampaikan latar belakang serta kondisi sosial budaya masyarakat Kalimantan, beliau juga sedikit memberikan bekal pengetahuan dan wanti-wanti agar adik-adik pemuda/mahasiwa baru jangan sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang merugikan, seperti kejahatan, narkoba, dll.

Sesi pengarahan dan sosialisasi berjalan selama 1 jam. Setelah itu dilanjutkan dengan makan malam bersama. Selesai makan, diteruskan dengan acara games (permainan) yang melibatkan adik-adik pemuda/mahasiswa baru dengan abang-kakak pemuda/mahasiswa lama. Acara games ini terbilang sangat meriah sekali. Tampak wajah-wajah keceriaan dan sukacita di antara sesama pemuda. Tidak terlihat perbedaan ataupun margin yang signifikan. Semuanya berbaur menjadi satu tanpa adanya perbedaan. Inilah spirit atau semangat yang ingin dicapai dalam kegiatan seperti ini.

Tidak hanya games, namun juga diselingi dengan acara penyalaan api unggun. Walaupun cuaca di luar sempat gerimis, tidak menjadi halangan bagi pemuda untuk bersama-sama menikmati api unggun persaudaraan sembari bersukacita dengan menyanyikan lagu-lagu rohani.

Sekitar pukul 23.00 WIB acara Malam Keakraban telah selesai. Sebelum pulang, dibawakan doa penutup terlebih dahulu oleh Ketua Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya, yaitu Friadmo Saragih, S.Hut.

Dengan kegiatan seperti ini, semoga dapat membawa rasa persaudaraan, kekompakan dan kesolidan antara sesama pemuda, khususnya Pemuda GKPS Palangka Raya. Kau sahabatku, kau saudaraku, tiada yang dapat memisahkan kita.

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment