Monday, April 23, 2018

Pemuda GKPS Palangka Raya Kunjungan Kasih ke Panti Asuhan Shalom

Masih dalam rangka Perayaan Paskah, pada hari Minggu, 22 April 2018 kemarin Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya mengadakan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Shalom yang bertempat di Jl. Mahir Mahar Gang Dayak Permai, Palangka Raya. Dari pusat kota, panti asuhan ini kurang lebih berjarak 7-8 Km dan memakan waktu sekitar 20-25 menit. Selain sudah menjadi program Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya, kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud dalam rangka menyukseskan "Tahun Diakonia" yang dicanangkan oleh GKPS Pusat pada tahun ini.

Sebelum berangkat, sekitar jam 12.00 WIB para pemuda berkumpul terlebih dahulu di gereja GKPS Palangka Raya. Setelah mempersiapkan segalanya, termasuk sumbangan-sumbangan dalam bentuk sembako, pakaian bekas layak pakai, alat permainan anak-anak, buku tulis, dll, akhirnya rombongan Pemuda GKPS Palangka Raya berangkat menuju lokasi. Sesampainya di sana langsung disambut hangat oleh adik-adik panti asuhan beserta pengurus juga pengasuhnya.

Kira-kira Pkl. 13.15 WIB, acara kunjungan kasih ini dimulai dengan terlebih dahulu mengadakan ibadah singkat yang dipimpin langsung oleh Pdt. Andrian Raja Nagur Purba, S.Th dari GKPS Banjarmasin (kebetulan sedang tukar mimbar ke GKPS Palangka Raya). Ayat khotbah terambil dari kitab Matius 14:22-23. Dalam khotbahnya, Pendeta menekankan kepada adik-adik panti asuhan agar jangan setengah-setengah maupun ragu dalam mempercayai Yesus. Jangan pernah takut di dalam menjalani hidup ini karena kita percaya Tuhan selalu menyertai bila kita bersandar kepada-Nya.

Selepas ibadah, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya Fridmo Saragih, S.Hut. Dalam sambutannya dijelaskan apa maksud dan tujuan kegiatan kunjungan kasih ini. Setelah itu diteruskan oleh kata sambutan dari Pengantar Jemaat/Vorhanger GKPS Palangka Raya St. A.R. Purba yang ikut menemani Pemuda GKPS Palangka Raya ke Panti Asuhan Shalom. Pada sambutannya, Bapak Vorhanger sangat senang dan mendukung dengan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan terus tiap tahunnya. Kemudian diteruskan dengan kata sambutan dari Pemilik Panti Asuhan Shalom, yaitu Ibu Pdt. Wimsie, S.PAK, M.Th. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa panti asuhan ini berdiri sejak tahun 2000. Secara total ada 30 orang anak yang ditampung dari berbagai usia. Kebanyakan mereka ini berasal dari daerah pedalaman yang sudah tidak memiliki orang tua. Anak-anak ini selain ditampung juga disekolahkan. Mulai dari SD, SMP sampai SMA.

Selesai dengan kata sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan juga sumbangan secara simbolis ke pengurus Panti Asuhan Shalom dan juga kepada adik-adik panti asuhan. Kemudian disambung dengan acara bebas, yang diisi oleh aneka ragam jenis permainan serta perlombaan yang melibatkan adik-adik panti asuhan beserta seluruh pemuda yang ikut. Lomba-lomba tersebut diantaranya adalah lomba yel-yel, lomba pesan bisik berantai, lomba memindahkan karet memakai sedotan dan lomba merangkai ayat Alkitab. Tampak suasana bahagia, keceriaan dan sukacita yang terpancar dari pemuda dan adik-adik panti asuhan dalam kegiatan lomba ini.

Pada Pkl. 16.30 WIB, semua rangkaian acara telah berjalan selesai. Sebelum pulang, pemuda memberikan bingkisan dan hadiah kepada adik-adik panti asuhan dan juga menyempatkan berfoto bersama.

Semoga kehadiran Pemuda GKPS Palangka Raya di Panti Asuhan Shalom dapat memberikan hiburan dan sukacita kepada adik-adik panti asuhan. Pemuda juga turut mendoakan semoga adik-adik sukses di dalam studinya, baik itu yang SD, SMP dan SMA. Walaupun dalam segala keterbatasan, pendidikan adalah hal mutlak yang mesti diterima oleh adik-adik, karena pendidikan berguna untuk meraih cita-cita di masa depan.

Melalui kesempatan kali ini, kami dari Seksi Pemuda GKPS Palangka Raya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pimpinan Majelis/Vorhanger GKPS Palangka Raya St. A Rudin Purba yang telah meluangkan waktunya untuk ikut bersama kami dalam acara ini. Kami juga berterima kasih kepada beberapa orang tua jemaat GKPS Palangka Raya yang telah turut memberikan sumbangannya melalui kami, baik itu sembako, pakaian bekas layak pakai, dll. Tuhan yang membalas segala kebaikan.

Ucapan terima kasih diberikan juga kepada seluruh kawan-kawan Pemuda GKPS Palangka Raya yang telah menyisihkan waktu dan tenaganya buat kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi berkat bagi orang lain. Kiranya kita tetap kompak, solid dan semangat di dalam persekutuan/pelayanan.

Tuhan memberkati.


No comments:

Post a Comment